Persepam Madura United Keberatan Jika Pindah Grup

Persepam Madura United Keberatan Jika Pindah Grup

Persepam Madura United Keberatan Jika Pindah Grup

PSSI sebagai federasi penyelenggara kompetisi telah menentukan bahwa format kompetisi musim depan akan dibagi menjadi dua wilayah yakni Wilayah Barat dan Wilayah Timur. Namun Persepam Madura United yang merupakan salah satu kontestan Indonesia Super League (ISL) merasa keberatan jika timnya tersebut bermain di Wilayah Timur. PSSI telah memutuskan bahwa kompetisi tertinggi Indonesia musim depan akan diikuti oleh 22 klub. 22 klub itu terdiri dari 18 tim yang berasal dari ISL dan empat tim berasal dari kompetisi ilegal musim lalu IPL, Format kompetisi sendiri dibagi ke dalam dua wilayah yang terdiri dari 11 klub dari masing-masing wilayah. Kompetisi ISL akan dilaksanakan dengan jadwal kickoff 1 Februari 2014. Pembagian format yang digunakan dalam kompetisi musim depan menjadi dua wilayah tersebut berdasarkan faktor secara letak geografis Indonesia yang luas , efisiensi dalam hal waktu, dan siaran televisi yang akan disiarkan oleh stasiun televisi pemegang hak siar.

Namun menurut pihak manajemen klub Persepam Madura United masih ada beberapa pertimbangan lainnya yang juga harus dipikirkan. “Menurut kami format pembagian wilayah menjadi dua wilayah untuk ISL musim kompetisi 2013 hendaknya tidak hanya melihat faktor financsal dari tiap-tiap klub, letak geografis dan TV pemegang hak siar yang menjadi pertimbangan. Ada beberapa pertimbangan lainnya yang harus dipikirkan bersama.” ujar Kuncoro Mangkunegoro yang merupakan Marketing and Development Madura United saat dihubungi, Selasa (31/12). “Yang pertama adalah bobot dari setiap pertandingan yang dijalani oleh masing-masing klub. Materi pemain yang dimiliki masing-masing klub saat ini sudah bisa dijadikan sebuah patokan nanti ketika kompetisi ┬áIIC (Inter Island Cup) dimulai. Yang kedua adalah rating yang didapatkan TV per pertandingan musim kemarin. Kalau hampir 70-80% pertandingan dari salah satu klub nanti mendapat jatah live TV. Maka bisa dipastikan bahwa klub-klub yang mempunyai rating tinggi yang pasti menjadi target utama untuk disiarkan secara langsung bagi stasiun TV yang sudah menyiarkan tahun kemarin.

Alasan lain menurut Kuncoro adalah pemerataan klub yang mengisi tiap-tiap wilayah. Menurutnya empat klub yang berasal dari kompetisi IPL yaitu Semen (Padang), Persiba (Bantul), PSM (Makassar), dan Persijap (Jepara) harus disebar ke dua wilayah. Selanjutnya penentuan pasangan klub antar klub yang ikut dalam kompetisi. Pasti terjadi perubahan couple di musim ini. Jika kemarin Madura United berpasangan dengan PerselaLamongan. Akan sangat mungkin tahun ini Madura United akan berpasangan dengan Persebaya Surabaya. Selain minim atau bahkan tidak ada gesekan di tingkat antar suporter. Kedua klub ini juga secara geografis sangat dekat. Musim kemarin untuk rating siaran langsung TV Madura United masuk 3 besar dalam penghitungan ratingnya. Jadi Wilayah Barat akan lebih pas dengan kemampuan kami.”