Bayaran Wasit Pemimpin Pertandingan ISL

Bayaran Wasit Pemimpin Pertandingan ISL

Bayaran Wasit Pemimpin Pertandingan ISL

Bayaran Wasit Pemimpin Pertandingan ISL – Workshop yang dilaksanakan pihak penyelenggara menjelang bergulirnya kompetisi ISL tahun ini, hadir pula wasit yang sudah berpengalaman, Jimmy Napitupulu di pers room Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat (31/1/2013). Bang Jimmy yang merupakan sapaan untuknya ini menjelaskan ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki di lapangan terkait kepemimpinan wasit yang memimpin pertandingan, khususnya bagi para wasit yang masih sedikit jam terbang dalam memimpin sebuah pertandingan. Jika melihat kinerja wasit di beberapa tahun terakhir sepanjang kompetisi berjalan, Bang Jimmy menyoroti masih banyaknya para pengadil pertandingan yang tidak konsisten dalam mengambil keputusan. Yang berarti, wasit masih kurang menerapkan prinsip “wait and see” dalam memberikan keputusan terhadap suatu pelanggaran yang terjadi di lapangan.

Bayaran Wasit Pemimpin Pertandingan ISL – “Saya rasa banyak wasit yang kurang “wait and see” sebelum memutuskan sesuatu di atas lapangan pertandingan. Contohnya pelanggaran yang terjadi, ada dua kasus sama di pertandingan yang tidak sama, tapi keputusan yang diberikan bisa berbeda antara satu pertandingan dengan pertandingan lainnya.” “Selain prinsip yang harus mulai diperbaiki, ada beberapa wasit yang juga terburu-buru untuk membuat keputusan dalam pertandingan. Dalam hal ini bisa dipengaruhi dari para suporter yang membuat atmosfer pertandingan menjadi.panas selama pertandingan berlangsung, sehingga mempengaruhi kinerja wasit yang memimpin pertandingan.”

Bayaran Wasit Pemimpin Pertandingan ISL – ISL yang menerapkan regulasi dua wilayah musim ini, Jimmy pun menjelaskan saat ini sudah disediakan wasit sebanyak 32 orang yang siap memimpin pertandingan, dan 48 asisten yang membantu kinerja wasit. Lebih jauh lagi, dia juga mengomentari isu match-fixing yang diduga juga tidak lepas dari campur tangan seorang pengadil di atas lapangan. “Saya rasa itu tindakan oknum saja. Tidak semua wasit seperti yang banyak diomongkan banyak orang, balik lagi ke pribadi masing-masing wasit yang memimpin pertandingan.” Kemudian Jimmy menjelaskan secara gamblang berapa upah yang diterima wasit setiap memimpin pertandingan untuk mengomentari kesejahteraan wasit di Indonesia saat ini. Karena dugaan kurang sejahteranya kehidupan wasit yang ada, menjadi pemicu seorang wasit mau terlibat dalam pengaturan skor yang selalu ada dalam setiap pertandingan.

Bayaran Wasit Pemimpin Pertandingan ISL – “Pekerjaan paling enak itu ya wasit yang memimpin pertandingan, kita berlari 2×45 menit waktu normal pertandingan, badan sehat selalu, membakar kolesterol yang ada, habis itu dibayar lima juta per pertandingan. Enak kan jadi seorang wasit?.” “Per pertandingan yang ada, wasit mendapat Rp5 juta sebagai upah, hakim garis Rp3 juta di bawah wasit, asisten yang ngangkat papan pergantian pemain dan injury time Rp1,5 juta selama pertandingan berlangsung, maka dari itu banyak orang seperti letnan sekalipun mau jadi wasit yang memimpin sebuah pertandingan.”