Agen Bola Kenny Davenport, Pencetak Gol Pertama Liga Inggris

Kenny Davenport, Pencetak Gol Pertama Liga Inggris

Kenny Davenport, Pencetak Gol Pertama Liga Inggris

Agen Bola – Liga Inggris merupakan salah satu kompetisi sepakbola terbesar di dunia saat ini. Hingga saat ini, banyak tim yang berlaga di ajang tersebut, yang menjadi klub-klub top di benua Eropa, bahkan juga dunia. Sebut saja, Manchester United, Liverpool, Chelsea, dan Arsenal, serta dua tim kuat terbaru, Manchester City dan Tottenham Hotspur. Barisan pemain berkualitas dunia pun memperkuat klub-klub tersebut. Selain itu, tim-tim kecil lainnya juga memiliki kekuatan yang bisa menyaingi klub-klub besar tersebut, sehingga menghasilkan kompetisi sepakbola yang kompetitif setiap musimnya. Kemudian, permainan cepat yang menjadi ciri khas Liga Inggris juga selalu menjadi perhatian banyak penggemar sepakbola. Ditambah lagi dengan usianya yang sudah memasuki musim ke-125 pada tahun 2013 ini, sehingga menjadikannya kompetisi sepakbola tertua kedua di dunia.

Tapi, tahukah Anda siapa pemain yang mencetak gol pertama kali di Liga Inggris pada laga perdana tahun 1888? Sang pemain tersebut sempat menjadi misteri yang tidak terpecahkan selama bertahun-tahun. Namun, akhirnya misteri pencetak gol pertama di Liga Inggris itu terkuak juga ketika seorang penulis buku bernama Mark Metcalf membeberkannya, meskipun asosiasi sepakbola Inggris, Football Association (FA) masih mempelajarinya hingga saat ini. Pemain yang menjadi sejarah dalam sepakbola negeri Ratu Elizabeth itu bernama Kenny Davenport. Penyerang sayap kanan yang bermain untuk Bolton Wanderers itu mencetak sebuah gol dalam pekan pertama Liga Inggris yang dimulai pada tanggal 8 September 1988. Saat pertandingan baru berjalan hingga menit ke-2, Davenport menyarangkan golnya tersebut ke gawang tim lawan, Derby County, tepatnya pada pukul 15.47 waktu setempat.

Sebelumnya, banyak orang berpendapat bahwa gol pertama di Liga Inggris dicetak oleh Gershom Cox. Ketika itu, pesepakbola yang bermain sebagai bek tengah di Aston Villa itu mencetak gol bunuh diri saat timnya menghadapi Wolverhampton Wanderers pada tanggal yang sama. Pekan pertama Liga Inggris saat itu sendiri memang menggelar lima pertandingan sekaligus, tapi dengan waktu kick off yang berbeda-beda. Meski pertandingan Aston Villa versus Wolverhampton Wanderers dimulai lebih dulu, ternyata bukan gol bunuh diri Cox yang menjadi gol pertama di Liga Inggris. Seorang peniliti perpustakaan surat kabar di Inggris bernama Robert Boyling, belakangan menemukan sebuah iklan yang menyebutkan bahwa laga tersebut dimulai pada pukul 15.30 waktu setempat.

Ketika Cox mencetak gol menit ke-31, berarti saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 16.01 di Inggris, atau 14 menit setelah Davenport mencetak gol untuk Bolton Wanderers. Maka, sejak penemuan itulah, Mark dan Robert mengambil kesimpulan bahwa pemain kelahiran Bolton, tanggal 23 Maret 1862 itulah yang menjadi pencetak gol pertama di Liga Inggris sepanjang sejarah kompetisi sepakbola tersebut. Davenport sendiri setelah itu hanya mampu menambah satu gol lagi di Liga Inggris, selama empat tahun berlaga di kompetisi resmi tersebut. Sedangkan catatan penampilannya bersama Bolton Wanderers adalah sebanyak 56 laga sejak 1883. Pemain yang pernah membela tim nasional Inggris dalam dua pertandingan internasional itu kemudian memutuskan pensiun pada tahun 1893, dan meninggal pada tanggal 29 September 1908 dalam usia 46 tahun. Agen Bola